PELAKSANAAN ICE BREAKER “TEBAK SIAPAKAH AKU “DALAM MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE
Abstract
Pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Berdasarkan panduan dan anjuran pemerintah pembelajaran tatap muka terbatas ini hanya boleh digelar dengan kapasitas sebagian dari jumlah seluruh siswa di kelas pada sekali tatap muka. Maka dari itu, guru harus berupaya agar dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan baik offline maupun online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ice breaker yang dilakukan guru saat diberlakukannya PTMT dalam rangka meningkatkan atensi belajar siswa (2) faktor yang menghambat pelaksanaan ice breaker (3) upaya dalam mengatasi hambatan tersebut dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif berjenis studi kasus, yaitu data fakta dari lapangan diutarakan dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan ice breaker “Tebak siapakah aku” hambatan dari faktor guru, siswa, dan kondisi kelas yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemberian ice breaker, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu melalui perencanaan yang matang dan kemampuan publik speaking yang memadai. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan di sekolah dasar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.