PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KINERJA GURU PJOK MTS SWASTA DI KOTA BANJARMASIN

  • Adam Satria Abdilah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: latar belakang pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan jasmani, kinerja guru pjok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sarana dan prasarana pendidikan jasmani terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan jasmani terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin. Peneliti menggunakan instrumen angket dengan skala likert untuk pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini adalah Guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin sebanyak 30 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin memiliki nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan memiliki pengaruh sebesar 37%. (2) Sarana dan prasarana pendidikan jasmani terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin memiliki nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan memiliki pengaruh sebesar 45,6%. (3) Latar belakang pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan jasmani terhadap kinerja guru PJOK MTs Swasta di Kota Banjarmasin memiliki nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan memiliki pengaruh sebesar 53%.

Published
2025-01-06
How to Cite
Abdilah, A. S. (2025). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KINERJA GURU PJOK MTS SWASTA DI KOTA BANJARMASIN. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 4(1), 1 - 15. Retrieved from https://journal.universitasaudi.ac.id/index.php/JPM/article/view/375
Section
Articles