RANCANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PEMBELAJARAN PPKN DI SDN 06 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan rancangan model pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn di SDN 06 Berastagi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas V SDN 06 Berastagi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SDN 06 Berastagi, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Format Penilaian guru PPKn dari guru yang mengajar di kelas sudah menggambarkan RPP dan Format Penilaian siswa. Komponen RPP yang dijadikan penilaian pada penelitian ini adalah SK/ KD, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan format penilaian. RPP dan Format Penilaian yang disusun guru PPKn masih kategori penilaian ‘’baik’’. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Model Pendidikan Karakter adalah dengan menggunakan pendekatan norma yaitu pendidikan karakter, isi pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, media pendidikan, dan lingkungan pendidikan, 3) Penataan ruang kelas untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan 4) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PPKN di kelas V SDN 06 Berastagi menunjukkan bahwa: terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab: dan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pelajaran PPKN di kelas V SDN 06 Berastagi menunjukkan bahwa: terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.