FAKTOR DETERMINAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI HB 0 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIBOLANGIT KECAMATAN SIBOLANGIT KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2019

  • Elvipson Sinaga Universitas Audi Indonesia
Keywords: Faktor Determinan, Imunisasi HB 0

Abstract

Imunisasi HB 0 di puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang masih rendah yaitu 39,0%. HB 0 Rendahnya imunisasi pada bayi terkait dengan faktor-faktor predisposisi seperti pengetahuan dan sikap, faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya persalinan dan faktor penguat yang mendukung keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi HB 0 di wilayah Puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.              

Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi di Puskesmas Sibolangit berjumlah 68 orang dan sampel 68 orang. Data diperoleh dengan wawancara kuesioner dan observasi, dianalisis dengan uji statistik Regresi Logistik Berganda pada α = 5%.              

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor predisposisi yang signifikan seperti pengetahuan dan sikap, faktor pendukung adalah tempat persalinan, faktor penguat yang mendukung keluarga untuk imunisasi HB 0 di wilayah Puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang dan variabel yang paling mempengaruhi imunisasi HB 0 di wilayah Puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdangdi mana tenaga kerja variabel dengan Exp B = 11,833.           

Dianjurkan agar petugas kesehatan harus memberikan sosialisasi kepada ibu tentang imunisasi HB 0 untuk meningkatkan imunisasi HB 0, Dinas Kesehatan Kota Madya Binjai agar dapat lebih meningkatkan implementasi dan memberikan pendidikan publik tentang program HB 0 dan kepada masyarakat di Puskesmas Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang harus membuat ketentuan terhadap hepatitis B.

Published
2020-11-14