HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN SUMBER INFORMAI DENGAN PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN METODE KANGURU (PMK) DI DESA TELADAN KECAMATAN TANJUNG PALAS

  • Hot Patima Universitas Audi Indonesia
Keywords: pendidikan, Sumber Informasi, PMK

Abstract

Pengetahuan tentang penerapan perawatan metode kanguru sangat kurang Desa Teladan Kecamatan Tanjung Palas. Kurangnya pengetahuan tentang penerapan perawatan metode kanguru dilakukan pada BBLR terkait dengan pendidikan dan kurangnya informasi tentang PMK. Penilaian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pendidikan dan sumber informasi dengan pengetahuan tentang perawatan metode kanguru di Desa Teladan Kecamatan Tanjung Palas.

Jenis penelitian ini adalah survey yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi 0-12 bulan dan batita usia 1-2 tahun di Desa Teladan Kecamatan Tanjung Palas dari bulan januari sampai dengan bulan januari sampai dengan bulan juni 2015 sebanyak 45 orang dengan mempergunakan total sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner, dianalisis dengan chi-square pada ɑ = 5%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan pendidikan dengan pengetahuan tentang perawatan metode kanguru di Desa Teladan Kecamatan Tnjung Palas

Disarankan kepada ibu di Desa Teladan Kecamatan Tanjung Palas untuk mencari sumber informasi yang lebih banyak tentang perawatan metode kanguru di Kecamatan Tanjung Palas dan kepada tugas kesehatan di Kecamatan Tanjung Palas untuk mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang perawatan metode kanguru.

Published
2020-11-14