PERILAKU IBU BEKERJA DALAM MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DELITUA

  • Hilda Yani Karo Karo Universitas Audi Indonesia
Keywords: Air Susu Ibu, ASI Eksklusif, Perilaku Pemberian ASI Eksklusif

Abstract

ASI adalah air susu ibu yang mengandung nutrisi optimal, baik kualitas dan kuantitasnya. Pemberian ASI merupakan metode pemberian makan bayi yang terbaik.Target pemerintah terhadap pemberianASI eksklusif sebesar 60%. Akan tetapi berdasarkan studi pendahuluan secara wawancara pada 10 ibu didapatkan enam (60%) ibu pemahamannya tentang ASI eksklusif cukup tetapi tidak memberikan ASI eksklusif. Salah satu penyebabnya adalah ibu harus segera kembali bekerja.

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perilaku ibu bekerja dalam memberikan ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Delitua.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan waktu pengambilan data, penelitian ini merupakan penelitian crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 ibu bekerja yang mempunyai bayi usia 6–12 bulan di wilayah kerja puskesmas Delitua. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability sampling dengan jenis total sampling. Dalam penelitian ini digunakan alat ukur kuesioner tertutup. Kuesioner yang telah diisi kemudian diolah dan dianalisis menggunakan ujichi-square.

Hasil penelitian berdasarkan analisis chi-square dengan taraf kesalahanα = 0,05 antara sikap, norma subyektif, dan pengendalian perilaku diperoleh hasil sikap (ρ= 0,000 < 0,05), norma subyektif (ρ = 0,017 <0,05), dan pengendalian perilaku (ρ = 0,000 < 0,05).

Kesimpulan dalam penelitian ini yaituada hubungan antara sikap, norma subyektif, dan pengendalian perilaku dengan perilaku memberikan ASI eksklusif. Disarankan kepada ibu yang bekerja untuk menumbuhkan sikap positif tentang pemberian ASI Eksklusif, Tenaga kesehatan lebih aktif dalam penyampaian.

Published
2020-11-14