PENGARUH TERAPI SENI MENGGAMBAR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS INDONESIA MAJU TAHUN 2023
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh terapi seni menggambar terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia Maju (UIMA). Penelitian ini penting karena kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan penurunan produktivitas yang mempengaruhi kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada pasien. Terapi seni menggambar dapat membantu mengurangi kecemasan dengan cara yang sederhana: ketika kita menggambar, perhatian kita teralihkan dari pikiran- pikiran yang membuat kita cemas, sehingga kita merasa lebih rileks. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan pendekatan one group pra- post test design. Sample pada penelitian ini berjumlah 30 orang mahasiswa ekstensi tingkat akhir. Instrumen yang digunakan modifikasi Zung-Self Anxiety Rating Scale (ZSAS) dan SOP pelaksanaan terapi seni menggambar. Hasil uji statistik dengan menggunakan Windows SPSS 24 Uji marginal homogeneity didapatkan nilai p = 0,000 dengan taraf signifikan α=0,05 (ρ = 0,000 < α = 0,05), dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Terapi Menggambar Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan mahasiswa ekstensi keperawatan UIMA tahun 2023. Dari penelitian ini art therapy sangat efektif dalam mengatasi masalah psikologis seperti halnya kecemasan yang dialami mahasiswa ekstensi keperawatan UIMA tahun 2023.
References
Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021, Maret 01).
Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademka Baiturrahim Jambi (JABJ), 10, 101-108.
Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademka Baiturrahim Jambi (JABJ), 101-108.
Donsu, J. d. (2019). Psikologi Keperawatan : Aspek-Aspek Psikologi, Konsep Dasar Psikologi Teori Perilaku Manusia. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Faradina, S., Badal, S. S., Natasya, M., Kamilah, Oviyani, E., Belangi, M., et al. (2019). Pengaruh Mewarnai Mandala Terhadap Menurunnya Kecemasan pada mahasiswa di Banda Aceh. Jurnal Psikologi Unsyiah, 108-121.
Futri, D. N., & Risdiana, R. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi di RSUD Kabupaten Bekasi. Journal Of Social Science Research, 3(3), 2188- 2200.
Izzah, U., Suci, R. A., Yuanto, H. H., & Anitarini,
F. (2020, Desember 01). Pengaruh terapi menggambar terhadap tingkat keccemasan pada siswa MTs fathus salafi selama pandemi COVID-19. Healthy, 9, 20-27.
Kaplan, H. &. (2010). Buku Ajar psikiatri klinis (Vol. 2). (A. b. Nisa, Ed.) Jakarta: EGC.
Kasim, I. L., Widyastuti, & Ridfah, A. (2021). Peranan Mewarnai Mandala Dalam Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 140- 150.
Khoirunnisa. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Terhadap Tugas Akhir Prodi PAI di IAIN Palangka Raya. Jurnal Psikologi.
Kristina. (2019). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Pola Mandala Terhadap Tingkat kecemasan Mahasiswa Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda.
Nurseline Journal, 11-16. Kurniasih, U., Ali, M., & Lestari, E. D. (2021). Pengaruh art therapy (menggambar) terhadap stres pada lansia. Jurnal Kesehatan, 12, 26-32.
Malchiodi, C. (2020). Trauma-informed expressive arts therapy. New York: Sussex.
Maulana, A. (2023, Februari 07). Hubungan Konsep Diri Dengan Tingkat Stress Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Ekstensi Kelas IIIB Di Universitas Indonesia Maju Tahun 2022. Indonesian ScholarJournal Of Nursing and Midwifery Science, 02, 751-759.
Munir, Z. (2023). Efektivitas terapi bermain: melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak. Journal of Nursing Practice and Education, 3 No 2, 220-229.
Nisa, H. F., & Pranungsari, D. (2022, September 12). Penerapan Terapi Seni dan Suportif untuk Menurunkan Depresi Berat pada Perempuan Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 98-115.
Notoadmojo, S. (2019). Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam. (2019). Metodologi penelitian ilmu keperawatan (Vol. 4). Jakarta: Salemba Medika.
Payadnya, P. A., & Jayantika, G. A. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish. Salim. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapusaka Media.
Saraswati, N. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan. Journal
of Holistic Nursing and Health Science, 4, 1-7.
Setyaningrum, M. S., Fitriana, R. N., & Saelan. (2023). Pengaruh Terapi Seni Menggambar Terhadap Harga Diri. Pena Nursing, 24-30.
Siti, A. (2019). Kumpulan kuesioner dan Instrumen penelitian kesehatan (Vol. 2).
Yogyakarta: Nuha Medika.
Sormin, S. A. (2021). Proses Pengambilan Keputusan Penelitian; Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian kuantitatif dan kualitatif Dan R&D.
Bandung: ALFABETA.
Susilo, T. E., & Eldawaty. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di prodi penjaskesrek fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negeri Padang. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_ consilia, 4, 105-115.
Sutejo. (2019). Keperawatan Jiwa ‘Konsep dan Praktik Asuhan KeperawatanJiwa’
: Gangguan Jiwa dan Psikososial (Vol. 2). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wakhyudin, H. a. (2020). „Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi‟. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 14-18.
WHO, W. (2019). Global Health Observatory data. http://www.who.int/gho/mental_health/
.
Wilson, D. R. (2021). What to know about anxiety and drawing.
https://www.medicalnewstoday.com/ar ticles/anxiety-and-drawing, 1-1
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.